Bau Mulut Seseorang

Jaga Kepercayaan Diri dengan Aroma Mulut yang Segar

Piring Kosong Bertuliskan Puasa
Puasa

Hai teman-teman semua, apa kabarnya nih? Bagaimana puasanya? Lancar gak? Sudah ada yang bolongkah puasanya? Saat bulan Ramadhan seperti ini pasti kita sering merasa dehidrasi karena kekurangan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Selain sering merasa dehidrasi, mulut kita juga sering merasa pahit, karena tidak ada sesuatu yang masuk ke dalam mulut kita selain air liur saja. Akibat dari mulut yang terasa pahit, kita jadi malas untuk berbicara, sehingga mulut lebih sering tertutup dan tidak masuk udara dibandingkan dengan hari biasa selain hari saat berpuasa. Oleh karena penyebab tersebut, mulut kita menghasilkan bau yang tidak enak.

Kira-kira kalau mulut kamu sedang bau apakah kamu percaya diri jika harus mengobrol dengan orang lain?

Bau Mulut
Bau Mulut

Hmm, jawabannya pasti enggak kan? Kalau mulut kita bau, pasti akan menghambat proses kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan juga menurunkan rasa percaya diri kita, selain itu juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat orang lain berada di dekat kita.

Kira-kira bagaimana penjelasan dalam medis tentang bau mulut saat berpuasa?

Salah satu penyebab bau mulut saat berpuasa adalah berkurangnya jumlah air liur atau saliva di dalam mulut. Saat berpuasa, tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut sehingga menyebabkan produksi air liur menjadi sedikit, padahal air liur berfungsi sebagai antiseptik alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Terus, apa penyebab jika mulut juga mengeluarkan bau yang tidak sedap, padahal tidak dalam keadaan berpuasa?

Ini dia jawabannya:

  1. Dehidrasi

    Seseorang yang Merasa Haus
    Dehidrasi

Efek yang ditimbulkan dari dehidrasi sama halnya dengan saat kita berpuasa, dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kita kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan dengan cairan yang masuk, sehingga mengakibatkan zat gula dan garam menjadi terganggu, dan menyebabkan fungsi tubuh menjadi menurun performanya.

Kandungan air yang harus ada di dalam tubuh manusia agar tetap sehat dan dalam kondisi normal yaitu sebanyak lebih dari 60% dari total berat badan. Jadi, jika berat badan kita 50 kg, maka kadar air yang harus ada di dalam tubuh yaitu sebanyak 30 kg kandungan air yang harus ada di dalam tubuh.

Penyebab dehidrasi adalah kurangnya jumlah air minum yang dikonsumsi, sehingga mengakibatkan produksi air liur menjadi sedikit. Dengan sedikitnya air liur yang diproduksi oleh mulut, maka menyebabkan bakteri yang terdapat di dalam tubuh berkembang dengan pesat dan tumbuh diantara sela-sela gigi dan gusi. Bakteri tersebut kemudian menghasilkan gas sulfur yang menimbulkan aroma tidak sedap dari dalam mulut.

  1. Faktor dari Dalam Tubuh

Banyak faktor penyebab bau mulut yang berasal dari dalam tubuh, terutama masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, karang gigi, penyakit gusi, gigi retak, gigi palsu yang tidak bersih, dan juga beberapa penyakit dari dalam tubuh yang bukan berasal dari mulut seperti, radang kronis pada saluran pernapasan, gangguan pencernaan, dan penyakit dalam yang lain.

Organ Tubuh Manusia
Organ Dalam Tubuh Manusia
  1. Merokok

    Tanda Dilarang Merokok
    Bau Mulut karena Rokok

Merokok adalah penyebab bau mulut selanjutnya. Bau mulut yang disebabkan oleh rokok memiliki bau yang khas dan tidak enak, selain mempengaruhi bau mulut yang tidak enak, merokok juga menyebabkan bau badan yang tidak enak, karena asap yang dihasilkan dari rokok lengket ke pakaian yang digunakan.

Akibat dari sering merokok yaitu beresiko terkena penyakit gusi dan gigi, yang berawal dari menguningnya gusi dan gigi akibat dari tar rokok, sehingga menyebabkan mulut menjadi bau.

Efek lain dari merokok adalah urin yang memiliki bau yang sangat menyengat, maka dari itu urin seseorang yang merokok sangat bau.

  1. Asam Lambung
Asam Lambung
Asam Lambung

Penyakit maag atau asam lambung juga menjadi salah satu penyebab bau mult. Penyakit maag menimbulkan asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan dan menjadikan mulut berbau asam yang tak sedap. Selain itu, penyakit maag juga menjadikan penderitanya merasa mual dan pahit mulut, sehingga menghasilkan bau mulut.

  1. Makanan atau Minuman Tertentu

Minuman-minuman yang dapat menyebabkan bau mulut yaitu seperti:

a. Alkohol

Alkohol memiliki aroma tertentu yang sangat kuat dan khas, sehingga dapat menimbulkan bau yang menyengat dan tertinggal di mulut seseorang yang mengonsumsinya.

b. Kopi

Kopi juga meninggalkan bau pada mulut seseorang yang mengonsumsinya, selain itu kopi juga bisa menyebabkan gigi dan gusi menjadi berwarna kuning.

Kopi
Kopi

Kemudian makanan-makanan yang menyebabkan bau mulut, yaitu:

a. Jengkol

Buah Jengkol
Jengkol

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki rasa, tekstur, dan bau yang khas. Bagi sebagian orang jengkol merupakan makanan favorit yang sangat nikmat, namun bagi sebagian orang yang lain, jengkol adalah makanan yang sangat dihindari karena aroma dari jengkol yang tidak sedap.

Namun, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengurangi bau yang dihasilkan oleh jengkol, salah satunya yaitu sebelum diolah untuk dimasak, setelah dikupas kemudian dicuci bersih, selanjutnya buah jengkol direndam dengan menggunakan bubuk kopi. Dengan cara merebus jengkol beserta bubuk kopi dapat mengurangi bau mulu dan juga mengurangi perut kembung yang disebabkan oleh buah jengkol.

Jika sudah melakukan hal yang di atas, namun kita tetap merasakan bau mulut karena mengonsumsi jengkol, berikut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar mengurangi bau mulut etelah memakan jengkol, yaitu:

  • Minum Air Putih yang Banyak

Dengan meminum air putih yang banyak, maka akan mempercepat proses pencernaan air di dalam tubuh dan membantu mempercepat tubuh untuk menghasilkan urin, sehingga bau dari buah jengkol akan dikeluarkan melalui urin.

  • Gosok Gigi dan Berkumur

Setelah mengonsumsi jengkol, segera menggosok gigi dan berkumur dengan menggunakan obat kumur, sehingga akan memberikan wangi harus dan segar untuk mulut.

  • Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga bisa menjadi salah satu cara agar kamu dapat mengurangi bahkan menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh jengkol.

  • Minum Kopi

Kesan pahit yang terdapat pada kopi dapat melawan rasa dan bau kuat yang dihasilkan oleh jengkol.

  • Minum Susu atau Yoghurt

Susu dan yoghurt dapat membantu menetralkan bau jengkol, dengan membantu melancarkan sistem pencernaan.

  • Makan Buah Segar

Setelah mengonsumsi jengkol, kita dapat menetralkan baunya dengan mengonsumsi buah-buahan terutama buah yang banyak mengandung vitamin C.

  • Mengunyah Beras

Rasa hambar yang terdapat pada beras dapat membantu menghilangkan bau jengkol pada mulut. Cuci beras terlebih dahulu, tidak perlu terlalu banyak, hanya perlu secubit jari saja, kemudian kunyah beras dengan perlahan.

  • Mengunyah Kunyit

Aroma kunyit dapat melawan aroma kuat dari jengkol, setelah memakan buah jengkol, kemudian kunyah kunyit secukupnya dan kemudian hisap air yang dihasilkan dari kunyit tersebut, jangan lupa membuang serat dari kunyit yang sudah dikunyah tersebut, jangan ditelan ya hehe.

  • Mengunyah Daun Mint

Sensasi dingin dan segar yang dihasilkan oleh daun mint dapat membantu menghilangkan bau jengkol.

  • Garam dan Daun Sirih

Kunyahlah daun sirih dengan menggunakan garam, hal tersebut selain dapat menghilangkan bau mulut karena buah jengkol, juga dapat membersihkan dan menyegarkan gigi.

  • Minum Air Soda

Kesegaran yang diberikan setelah meminum air soda dapat menghilangkan bau jengkol.

  • Minum Vitamin B Komplek

Dengan meminum vitamin B, maka bisa membantu menghilangkan bau jengkol saat buang air kecil dan buang air besar.

b. Petai

Petai sama halnya dengan jengkol, merupakan makanan yang memiliki bau khas dan rasa yang pahit, meskipun begitu petai merupakan makanan yang tergolong mahal saat sedang tidak musim dan juga menjadi makanan favorit banyak orang.

Petai
Petai

c. Bawang

Bawang
Bawang

jenis makanan seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang Bombay merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam famili Allium yang banyak mengandung senyawa belerang atau sulfur. Akibatnya jika kita mengonsumsi bawang, maka akan meninggalkan bau dan rasa yang khas di dalam mulut, hal tersebut dapat mengganggu diri sendiri maupuun orang lain yang juga berinteraksi dengan kita.

  1. Obat-obatan Tertentu

Obat terbuat dari bahan-bahan kimia, sehingga efek bahan kimia dari obat dapat menyebabkan mulut bau, bahkan sampai menyebabkan keringat, urin, dan feses yang berbau.

Obat-obatan
Obat-obatan

Beberapa hal di atas merupakan faktor-fakor penyebab bau mulut. Jadi, untuk menghindari agar mulut kamu tidak bau kamu bisa melakukan beberapa cara alami yang akan dijelaskan di bawah ini, caranya mudah-mudah kok, karena bahan-bahannya sangat mudah kamu temukan di rumah kamu.

  1. Jeruk

    Jeruk
    Jeruk

Jeruk merupakan buah yang mudah kita temukan dimana pun. Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C, sehingga manfaat dari vitamin C akan sangat banyak kita dapatkan jika mengonsumsi vitamin C.

Selain manfaat vitamin C yang kita dapatkan jika mengonsumsi buah jeruk, kita juga dapat menggunakan buah jeruk sebagai penghilang bau mulut. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk dapat membantu meningkatkan kandungan air liur pada mulut, sehingga dengan menghasilkan air liur yang banyak, maka dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

  1. Jahe

Untuk dapat merasakan manfaat jahe dalam menghilangkan bau mulut caranya sangat gampang. Parut beberapa buah jahe sesuai yang kamu butuhkan, kemudian parutan tersebut diseduh dengan air panas, jangan lupa untuk menyaring ampas jahe tersebut. Kemudian gunakan air tersebut sebagai cairan untuk berkumur-kumur, kamu tidak perlu melakukannya setiap hari, namun bisa 2 kali sampai 3 kali seminggu saja.

Jahe
Jahe
  1. Susu dan Yoghurt
Susu
Susu dan Caption

Susu dapat menjadi minuman sebagai penetral bau mulut, jika kamu baru saja mengonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat, maka disarankan untuk segera meminum susu, agar bau mulut dapat hilang dengan susu tersebut.

Salat satu produk olahan dari susu, seperti yoghurt, juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan bau mulut, hal tersebut dikarenakan yoghurt memiliki kandungan probiotik yang berfungsi untuk mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

  1. Daun Sirih

    Daun Sirih
    Daun Sirih

Daun sirih juga merupakan tanaman yang mudah ditemukan, biasanya banyak orang yang menanam daun sirih di pekarangan rumahnya. Orang-orang terdahulu, seperti nenek dan kakek kita sering mengunyah daun sirih karena daun sirih memiliki banyak manfaat.

Cara mengaplikasikannya cukup dengan mengunyah beberapa lembar daun sirih. Selain dapat menghilangkan bau mulut, daun sirih juga dapat berfungsi sebagai antibakteri dan antiradang yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  1. Air Putih

Air putih merupakan sumber alami yang memiliki sejuta manfaat. Dengan rutin dan rajin mengonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari, maka kita dapat mengurangi bau mulut. Air putih membantu untuk menghasilkan air liur di dalam mulut menjadi lebih banyak, sehingga dapat menghambat proses pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Air putih juga dapat membersihkan bau dari makanan yang kita konsumsi dengan cara membuangnya di sistem pencernaan, melalui buang air kecil dan buang air besar.

Air Putih
Air Putih

Nah itu dia, beberapa bahan alami dan juga bahan yang sangat mudah kamu temukan di rumah, untuk kamu gunakan sebagai penghilang bau mulut. Selain bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau mulut, kamu juga bisa menggunakan beberapa produk penyegar mulut dan memberikan efek wangi dan segar pada mulut kita.

  1. Pasta Gigi

    Pasta Gigi
    Pasta Gigi

Pasta gigi adalah sebuah benda wajib yang kita gunakan sehari-hari untuk membersihkan gigi dan mulut kita, tentunya penggunaan pasta gigi harus dibantu dengan menggunakan sikat gigi, kedua benda ini tidak dapat dipisahkan, seperti sandal jepit, karena satu benda hanya akan berfungsi jika ada benda yang lain. Kita tidak dapat menggunakan pasta gigi tanpa sikat gigi, begitu pula kita juga tidak dapat menggunakan sikat gigi tanpa pasta giginya.

Banyak sekali produk pasta gigi yang beredar di pasaran dengan berbagai varian, rasa, dan manfaatnya. Produk pasta gigi juga dibedakan berdasarkan umur, yaitu untuk orang dewasa dan juga untuk anak-anak. Produk pasta gigi untuk orang dewasa biasanya memiliki rasa atau sensasi yang lebih pedas atau memiliki sensasi mint yang lebih terasa, sehingga anak-anak tidak tahan dan menyukainya, maka dari itu terdapat pasta gigi yang memang khusus untuk anak-anak.

  1. Mouth Wash
Mouth Wash
Mouth Wash

Mouth Wash merupakan obat kumur yang digunakan setelah makan atau setelah sikat gigi. Mouthwash memberikan efek segar dan harum pada mulut. Penggunaannya sangat mudah, pertama tuangkan cairan mouth wash ke dalam gelas kecil, kemudian masukkan cairan mouth wash ke dalam mulut, lalu kumur-kumur mulut kita secara keseluruhan selama beberapa detik, setelah selesai buang cairan tersebut, selanjutnya bilas mulut dengan air bersih.

  1. Permen Mint
Permen Mint
Permen Mint

Permen mint merupakan alternatif paling mudah untuk memberikan efek segar dan wangi pada mulut kita. Banyak sekali produk permen mint penyegar mulut yang ditawarkan, ada beberapa yang berbentuk seperti permen karet, ada juga yang berbentuk pil dan bisa ditelan, dan ada juga yang berbentuk seperti permen biasa. Selain itu juga ada oral strips yang berbentuk seperti selembar kertas plastic kecil dan akan menghilang dengan cepat jika terkena air liur.

 

 

  1. Mouth Spray

Mouth spray adalah sebuah produk khusus yang digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Mouth spray digunakan dengan cara menyemprot cairan mouth spray ke dalam mulut, setelah itu mouth spray akan memberikan rasa segar dan wangi pada mulut kita. Mouth spray juga memiliki beberapa varian rasa yang enak karena cairannya memang dapat ditelan.

Mouth Spray
Mouth Spray

Jadi itu dia penjelasan yang lengkap tentang penyebab bau mulut dan juga beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut tersebut. Selain itu, ada juga beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan untuk memberikan aroma segar pada mulut, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirimu.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top