Skincare Wajah

Hindari Skincare yang Mengandung Bahan Ini!

Apa yang terbayang pada kalian jika mendengar kata “cantik”? Pasti kebanyakan dari kita jika membayangkan kata cantik hal yang paling pertama kita pikirkan adalah memiliki kulit yang putih. Hal tersebut disebabkan karena pengaruh media yang memberikan standar cantik kepada masyarakat bahwa seseorang yang cantik yaitu yang berkulit putih, mulus, dan bersih. Untuk memperoleh kecantikan seperti yang ditampilkan oleh media, maka kita pelu merawat kulit dengan melakukan rangkaian perawatan kulit atau skincare. Nah, maka dari itu banyak masyarakat yang berkeinginan untuk memiliki kulit yang putih, sehingga untuk memperoleh kulit yang putih banyak masyarakat yang melakukan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan produk pemutih secara instan baik berupa produk yang dikonsumsi seperti pil atau obat, ataupun produk yang digunakan di luar tubuh seperti lotion atau krim.

Skincare
Skincare

Saat ini trend dari negara Korea Selatan sangat mempengaruhi dunia industri, terutama di Indonesia banyak sekali remaja yang berkiblat pada Korea Selatan untuk perihal fashion mereka. Oleh sebab itu, banyak remaja Indonesia yang menginginkan standard kecantikan seperti perempuan Korea Selatan. Salah satu standard kecantikan tersebut yaitu memiliki kulit yang putih dan mulus.

Nah, untuk mendapatkan kulit yang putih dan mulus pasti memerlukan usaha dan pengorbanan yang tidak dapat dirasakan efeknya secara singkat, butuh proses yang memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Jadi, agar teman-teman semua tidak mudah termakan oleh penawaran beberapa produk yang menawarkan untuk memperoleh kulit putih dan mulus secara singkat, maka berikut akan dijelaskan beberapa kandungan pemutih yang harus kita hindari karena tidak aman kita gunakan untuk kulit kita, yaitu:

  1. Merkuri
Merkuri pada Skincare
Merkuri pada Skincare

Merkuri adalah salah satu bahan kimia yang berbahaya jika digunakan langsung pada kulit kita untuk jangka waktu yang terus-terusan atau lama. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan merkuri juga tidak main-main dapat berupa efek gangguan psikologis seperti kecemasan dan depresi. Selain itu, merkuri juga dapat menyebabkan penyakit seperti gangguan penglihatan, pencernaan, paru-paru, kekebalan tubuh, dan system saraf.

  1. Resorsinol

Resorsinol merupakan bahan kimia yang dapat digunakan pada kulit kita namun sesuai dengan resep yang dianjurkan oleh dokter, tidak boleh digunakan secara sembarangan, karena akan memberikan efek yang berbahaya pada kulit jika digunakan untuk jangka waktu yang lama. Adapun efek berbahaya yang ditimbulkan dari penggunaan resorsinol yaitu kulit kemerahan dan iritasi. Selain itu, resorsinol juga dapat memiliki efek yang berbahaya jika digunakan pada kulit yang terluka yaitu gejala dermatitis, iritasi mata, mulut, dan tenggorokan, hingga hipotermia. Jika masuk ke dalam aliran darah, maka resorsinol dapat menyebabkan sakit kepala dan mual hingga muntah.

  1. Hidrokinon

Hidrokinon merupakan bahan kimia yang dapat mencegah kulit menjadi gelap dan menghambat produksi melanin. Melanin sendiri memiliki makna yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, dan rambut. Melanin ini dapat terbentuk disebabkan oleh faktor genetika atau keturunan, lingkungan, sinar matahari, atau efek lainnya. Oleh sebab itu, jika hidrokinon berfungsi menghambat produksi melanin pada tubuh kita, maka untuk penggunaan jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kehilangan pigmen yang akan menyebabkan kulit berwarna pucat tidak beraturan. Hidrokinon dapat dikonsumsi dengan aman jikan digunakan dengan menggunakan resep dokter dan mengikuti aturan yang sudah dijelaskan oleh dokter, seperti tidak boleh terpapar langsung oleh matahari jika sedang menggunakan hidrokinon karena dapat memberikan efek bintik hitam atau flek di wajah pemakainya.

  1. Timbal

Timbal adalah unsur logam yang berasal dari kerak bumi. BPOM sudah mengatur batas penggunaan produk timbal pada produk kecantikan ataupun produk perawatan diri yaitu di bawah 20 ppm. Efek berbahaya yang ditimbulkan dari penggunaan timbal yang berlebihan yaitu gangguan sistem saraf pusat, anemia, keguguran, dan jika terkena otak maka dapat melemahkan IQ dan efek parahnya dapat menderita kerusakan otak permanen.

Nah, teman-teman itu dia beberapa bahan berbahaya yang sering digunakan dari beberapa produk pemutih wajah atau kulit. Jadi kita sebagai konsumen harus cermat untuk memilih produk yang aman dan tidak berbahaya di kulit kita, karena jika harapan kita ingin mendapatkan kulit yang cantik yaitu putih dan mulus malah akan berefek merusak kulit atau bahkan dapat menimbulkan penyakit yang lain.

Selain itu kita sebagai manusia sudah diberikan jenis dan warna kulit masing-masing yang sangat sempurna, boleh saja kita menginginkan kulit yang putih dan mulus, namun dengan cara yang wajar dan bukan cara yang instan, karena definisi cantik bukanlah putih dan mulus, namun cantik adalah kepercayaan dari dalam diri pribadi kita dengan menebarkan energi positif ke orang lain, sehingga orang lain akan merasa bahagia dan merasakan efek ‘cantik’ dari dalam diri kita yang sebenarnya.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top