Secangkir Kopi Hitam

Kopi Memang Enak, tapi Kalau Berlebihan Malah Bahaya!

Hai teman-teman semua, siapa di antara kalian yang merupakan pecandu kopi? Rasanya sehari saja tidak kena dengan kopi maka seperti ada yang kurang dan terasa berbeda. Kira-kira apa ya penyebab kopi sangat disukai oleh penikmatnya, sehingga selalu dikonsumsi setiap hari? Bahkan untuk seorang pecandu kopi, dalam sehari mereka dapat mengonsumsi kopi lebih dari satu kali. Mungkin agak sedikit berlebihan, namun memang seperti itu kenyataannya bagi seseorang yang sudah sangat candu dengan kopi. Seorang pecandu kopi akan sangat ketergantungan dengan efek kafein dari kopi, sama seperti halnya jika sudah kecanduan dengan efek dari obat-obatan.

Mengapa kopi dapat menimbulkan efek seperti candu? Jika seseorang mengonsumsi kopi, maka akan menimbulkan efek ingin mengonsumsi kopi lagi dan lagi?

Hal tersebut disebabkan karena kopi mengandung bahan kafein di dalamnya. Kandungan kafein memang bersifat adiktif atau menimbulkan efek candu bagi siapa pun yang mengonsumsinya. Kafein merupakan stimulan bagi saraf pusat yang dapat membuat seseorang tetap terjaga meskipun sedang mengantuk. Jika kita sering mengonsumsi kopi secara sering atau terus-terusan, maka akan menimbulkan efek candu atau ketergantungan secara ringan, yang menyebabkan kita ingin mengonsumsi kopi lagi.

Nah, balik lagi ke hukum awalnya, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kita boleh saja  untuk mengonsumsi kopi agar tidak mengantuk, namun jika kita mengonsumsi kopi dengan porsi yang berlebihan, maka akan memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh kita.

Apa saja efek buruk yang ditimbulkan jika kita mengonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan?

Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Seseorang yang Mengantuk
Seseorang yang Mengantuk

Efek kafein yang ditimbulkan dari secangkir kopi memberikan manfaat untuk menambahkan produktivitas seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-harinya agar tidak mengantuk dan tetap fokus. Namun, jika kita mengonsumsi kopi pada waktu yang tidak tepat, maka malah sebaliknya, akan memberikan efek yang tidak baik, seperti rasa waspada, gelisah, dan juga rasa cemas dan tetap terjaga sepanjang malam, jika kita mengonsumsi kopi pada saat sore atau malam hari. Sehingga apabila saat malam susah tidur, maka keesokan harinya kita akan merasa tidak semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari dan tubuh akan terasa lelah.

Nah, selain itu, jika seseorang sudah terbiasa mengonsumsi kopi dan merasakan efek kafein dari kopi, maka ia akan merasa berbeda jika sehari saja tidak mengonsumsi kopi, seperti moodnya akan jelek, linglung, mudah kesal, dan pusing.

Mudah Terkena Penyakit Lambung

Bagi orang yang memang memiliki riwayat sakit lambung, kopi adalah musuh terberatnya, karena kandungan asam dari kopi dapat menimbulkan asam lambung semakin meningkat. Untuk seseorang yang normal, yang tidak memiliki penyakit lambung, mengonsumsi kopi dengan cara yang salah juga dapat menimbulkan efek yang tidak baik kepada lambungnya, seperti mengonsumsi kopi pada pagi hari di saat perut masih kosong. Asam dari kopi dapat memicu kenaikan asam lambung.

Masalah pada Gigi dan Gusi

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menimbulkan masalah pada gigi dan gusi. Kopi yang sering kita konsumsi biasanya mengandung banyak gula dan tannin yang asam, sehingga dapat mengikis lapisan pelindung gigi secara perlahan.

Selain itu, mengonsumsi kopi secara berlebihan juga dapat menyebabkan gigi berwarna kekuningan dan membuat plak pada gigi, sehingga akan memperburuk tampilan gigi dan gusi kita.

Masalah pada Pencernaan

Kopi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan diare, asam lambung, sindrom iritasi pada usus, hingga membuat tubuh mengalami dehidrasi. Disebabkan oleh efek tersebut, banyak orang yang melakukan diet dengan cara mengonsumsi kopi secara berlebihan karena beranggapan bahwa berat badannya akan cepat menurun jika meminum kopi. Justru jika kita mengonsumsi kopi dalam porsi yang banyak dalam sehari, maka akan menimbulkan efek buruk pada kesehatan kita.

Meningkatkan Resiko Penyakit jantung

Seseorang yang Menderita Penyakit Jantung
Seseorang yang Menderita Penyakit Jantung

Jika mengonsumsi kopi dengan jumlah yang banyak maka akan memicu naiknya tekanan darah dan peningkatan denyut jantung, kedua hal ini jika terjadi secara beberapa lama maka akan memberikan efek yang tidak baik pada kesehatan jantung dan menimbulkan resiko penyakit jantung yang lainnya.

Nah, jadi itu dia penjelasan tentang efek buruk bagi kesehatan jika kita mengonsumsi kopi secara berlebihan. buat kamu yang suka banget sama kopi, boleh saja meminum kopi untuk membantu menyegarkan pikiran, namun harus dengan porsi yang normal dan sewajarnya ya, agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top