Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi Wajah yang Benar Bagaimana Ya?

Wajah kusam, warna kulit tidak merata, timbul bruntusan atau jerawat kecil-kecil yang sangat membuat kita stress. Cita-cita ingin memiliki kulit wajah yang terawat, mulus, warna kulitnya merata, tidak kusam dan tidak belang. Nah, untuk itu kamu perlu melakukan eksfoliasi pada wajahmu, agar sel kulit mati pada wajahmu dapat terangkat.

Eksfoliasi Kulit Wajah
Eksfoliasi Kulit Wajah

Emangnya eksfoliasi itu apa sih?

Eksfoliasi atau bahasa yang mudah diingat adalah pengelupasan kulit. Eksfoliasi adalah proses perawatan yang kita lakukan pada kulit wajah kita untuk mengangkat sel kulit mati atau sel kulit tua pada lapisan kulit yang terluar.

Secara alamiah kulit kita akan bereksfoliasi secara otomatis, artinya akan membentuk sel kulit yang baru selama 30 hari kemudian. Namun, ada beberapa bagian sel kulit mati pada wajah yang tidak bereksfoliasi secara sempurna atau tidak terangkat dan hilang, oleh sebab itu diperlukan eksfoliasi secara teratur oleh diri kita sendiri.

Berapa kali kita perlu mengeksfoliasi kulita wajah kita?

Para dokter atau ahli kecantikan sepakat bahwa waktu yang cukup untuk melakukan eksfoliasi adalah sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, untuk kulit yang sensitif sebaiknya hanya melakukan eksfoliasi kulit wajah sebanyak 1 sampa 2 kali saja dalam seminggu.

Jangan tergoda dengan embel-embel jika rutin melakukan eksfoliasi maka hasilnya akan lebih cepat terlihat, karena jika terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kulit kita dan akan menyebabkan hal buruk yang lain pada kulit wajah. Jika terlalu sering melakukan eksfoliasi dalam waktu seminggu maka dapat menyebabkan peradangan dan dehidrasi pada kulit wajah.

Pada umumnya eksfoliasi terbagi atas eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia

  1. Eksfoliasi Fisik adalah eksfoliasi yang dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan scrub yang alami, atau yang terdapat dalam sabun wajah, dan bisa juga dengan masker wajah yang memiliki tekstur scrub, dan dilakukan secara manual menggunakan gerakan pribadi kita, seperti menggosok scrub pada wajah. Selain itu, juga bisa dengan cara menggunakan brush eksfoliasi yang berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati, caranya hanya dengan menuangkan sabun wajah ke brush eksfoliasi tersebut, kemudian gosok secara perlahan di kulit wajah.
  2. Eksfoliasi Kimia adalah eksfoliasi yang dilakukan dengan menggunakan produk-produk yang mengandung bahan-bahan kimia yang aman bagi kulit wajah dan dapat membantu pengangkatan sel kulit mati pada wajah. Eksfoliasi kimia bisa dengan serum ataupun toner. Cara mengaplikasikannya boleh menuangkan cairan pada tisu baru kemudian dioles perlahan pada wajah, atau bisa langsung dengan dituangkan pada telapak tangan, lalu dioleskan pada wajah.
Penggunaan Kapas untuk Wajah
Penggunaan Toner Wajah

Nah, jadi sebelum kita melakukan eksfoliasi, ada baiknya kita memperhatikan langkah-langkah berikut ini agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk pada kulit wajah kita setelah melakukan eksfoliasi.

  1. Kenali Jenis Kulit Sendiri

Mengenali jenis kulit sendiri adalah hal yang paling utama sebelum melakukan eksfoliasi, termasuk juga dalam memilih produk skincare agar sesuai dengan kulit awajh kita. Karena jika kita tidak mengenal jenis kulit wajah kita, maka kita akan salah melakukan eksfoliasi dan malah akan memperburuk kondisi kulit wajah kita.

  1. Pilih Produk yang Tepat

Setelah mengenali tipe kulit wajah yang sendiri, maka kita akan mudah untuk menentukan produk yang sesuai dengan jenis kulit wajah kita. Jika jenis kulit wajah kita berminyak, maka produk apa saja yang harus kita hindari dan produk apa yang harus kita gunakan untuk melakukan eksfoliasi pada kulit wajah.

Selain, itu menjaga kebersihan alat yang kita gunakan pada wajah juga sangatlah penting, seperti kebersihan brush dan juga handuk yang kita gunakan untuk mengelap wajah kita.

  1. Buat Jadwal Eksfoliasi

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa untuk orang yang memiliki jenis kulit sensitif maka jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi wajah, hanya perlu sekitar 1-2 kali saja dalam seminggu. Untuk jenis kulit berminyak justru lebih baik jika melakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Jadi, buatlah jadwal pribadi untuk melakukan eksfoliasi, baik itu eksfoliasi yang dilakukan dengan dokter di klinik ataupun yang kita lakukan secara pribadi di rumah.

  1. Pilih Metode Eksfoliasi

Pilihlah metode eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit wajah kita, apakah kulit wajah kita cocok jika menggunakan ekfoliasi fisik, eksfoliasi kimi, atau bahkan kombinasi antara keduanya, yaitu ekfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia.

  1. Lakukan Eksfoliasi dengan Benar

Sebelum melakukan eksfoliasi cuci wajah terlebih dahulu hingga bersih, kemudian usapkan wajah dengan air hangat, kemudian oleskan produk atau scrub secara perlahan pada wajah, tergantung cara pemakaian produk dan teknik eksfoliasi apa yang kita pilih. Lakukan hal tersebut selama 30 detik, kemudian bilas wajah dengan ari hangat, lalu biarkan kering secara alami atau boleh dikeringkan dengan menggunakan handuk yang bersih. Selanjutnya tahap yang terakhir yaitu gunakan pelembap, agar wajah tetap terjaga kelembapannya.

Jadi itu dia penjelasan singkat terkait dengan eksfoliasi kulit wajah, jadi kalau kamu ingin melakukan ekfoliasi pada kulit wajah kamu, perhatikan beberapa hal sebelum melakukannya agar kulit wajahmu tetap terawat dan tidak menimbulkan efek samping setelah eksfoliasi.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top