Apa Saja Sih Jenis-jenis Masker Wajah?

Halo semuanyaaa, siapa sih disini yang rajin banget skincare-an, kalau kalian adalah salah satu orang yang rajin banget skincare-an pasti salah satu rangkaian skincare wajib kalian adalah maskeran. Yup, maskeran secara rutin merupakan salah satu dari rangkaian skincare yang dilakukan oleh seseorang. Biasanya, seseorang memberikan masker pada wajahnya secara berkala di setiap minggu, ada yang minimal satu minggu sekali dan ada pula yang memakai masker dua kali dalam seminggu.

Dikutip dari sebuah jurnal, masker wajah sendiri memiliki pengertian yaitu sebagai berikut masker wajah adalah masker kecantikan yang berwujud sediaan gel, pasta dan serbuk yang dioleskan untuk membersihkan dan mengencangkan kulit, terutama kulit wajah. Masker berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah, mengangkan sel kulit mati, menutrusi kulit wajah agar lebih sehat dan terawat, serta beberapa manfaat masker wajah yang lainnya.

Masker merupakan suatu produk skincare yang diciptakan khusus untuk merawat kulit wajah dengan cara melapisi seluruh permukaan kulit wajah dengan produk masker tersebut. Nah, untuk jenisnya sendiri, masker memiliki beberapa jenis, bentuk, dan kegunaannya tersendiri. Ini dia beberapa jenis masker dan cara penggunaannya.

  1. Sheet Mask

Sheet mask merupakan masker yang berbentuk seperti kertas atau lembaran, jadi sheet mask ini merupakan lembaran tisu atau kapas yang memiliki lubang di bagian mata, lubang hidung, dan bibir. Bentuk sheet mask yang memiliki lubang pada tiga bagian tersebut khusus diciptakan untuk memudahkan cara pengaplikasian masker ke wajah.

Sheet Mask
Sheet Mask

Cara menggunakan masker sheet mask sangat mudah. Kita hanya perlu mengeluarkan sheet mask dari dalam kemasan, kemudian lepas lembaran sheet mask dari perekatnya, setelah itu tempelkan sheet mask ke wajah, rapikan dan sesuaikan dengan bentuk wajah. Kemudian tunggu hingga 15-20 menit agar kandungan pada masker dapat menyerap ke dalam kulit wajah dengan sempurna.

Setelah waktu sudah mencapai 15-20 menit dalam menggunakan sheet mask, kemudian sheet mask sudah bisa dilepaskan tanpa perlu dibilas lagi. Di dalam kemasan sheet mask tersebut biasanya masih tersisa cairan serum, cairan tersebut dapat kamu gunakan dengan cara mengoleskannya ke kulit wajah dan juga leher sambil diurut secara perlahan, atau dapat dioleskan ke kulit bagian yang lainnya juga.

  1. Clay Mask

Clay mask adalah jenis masker yang memiliki bahan dasar berupa kandungan mineral. Cara mengaplikasikan clay mask ke wajah yaitu mengoleskannya secara merata ke seluruh wajah, lalu tunggu hingga mengering. Setelah masker mengering, bersihkan wajah dengan menggunakan handuk atau spons yang sudah dibasahi dengan air.

Clay mask membantu menyerap kandungan minyak berlebih pada wajah. Untuk jenis kulit berminyak, penggunaan clay mask dapat dilakukan selama dua kali dalam seminggu, sedangkan untuk jenis kulit yang kering, sebaiknya menggunakan clay mask sebanyak  satu kali saja dalam seminggu.

  1. Mud Mask

Mud mask merupakan masker yang memiliki kandungan dasar yaitu lumpur yang mengandung mineral. Bahan dasar mud masker biasanya bahan yang diolah dari lumpur laut atau lumpur abu vulkanis. Kandungan air pada mud mask lebih banyak dibandingkan dengan clay mask, sehingga mud mask aman digunakan oleh semua jenis kulit karena mampu menghidrasi kulit dengan baik.

Cara penggunaan mud mask sama dengan menggunakan clay mask, namun kedua masker ini memiliki fungsi yang berbeda. Clay mask berfungsi untuk menyerap minyak, sedangkan mud mask berfungsi untuk membuat kulit lebih lembab.

  1. Peel Off Mask

    Peel Off Mask
    Peel Off Mask

Peel off mask merupakan masker yang bersifat cair, yaitu memiliki bentuk seperti krim atau gel, dan ketika sudah mengering masker ini dapat dikelupas. Cara penggunannya yaitu dengan mengoleskan cairan masker ke seluruh kulit wajah. Setelah mengering cairan masker ini akan bertekstur seperti karet yang elastis, sehingga jika dikelupas satu bagian maka bagian yang lain akan ikut terkelupas.

Peel off mask ini memiliki manfaat sesuai dengan kandungannya, seperti mengangkat komedo, mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Peel off mask ini sebaiknya dihindari untuk seseorang yang memiliki kulit sensitive, karena proses pengelupasan masker dapat memberikan iritasi pada kulit.

  1. Wash Off Mask

Masker jenis ini banyak sekali kita temukan, terutama masker organik yang sekarang sangat banyak digunakan oleh orang-orang. Masker jenis ini dapat berupa bubuk, gel, atau krim. Penggunaan masker ini yang berbentuk bubuk dengan cara melarutkannya terlebih dahulu dengan air. Kemudian oleskan masker ke seluruh kulit wajah, tunggu hingga mengering, lalu bilas menggunakan air, hasilnya akan lebih maksimal jika membilas masker dengan menggunakan air hangat.

Karena banyak masker organik yang berjenis wash off mask, maka sebelum membelinya perhatikan terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalam masker tersebut, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit kita.

  1. Exfoliating Mask

Exfoliating mask merupakan jenis masker yang diciptakan khusus untuk mengangkat sel kulit mati. Bahan yang digunakan untuk masker ini dapat berasal dari bahan alami atau bahan kimia. Untuk eksfoliator bahan kimianya seperti AHA, BHA, retinol, dan asam laktat. Sedangkan untuk eksfoliator yang berbahan alami yaitu mengandung butiran scrub yang berasal dari kopi, gula, atau oat.

Untuk yang memiliki kulit sensitive disarankan agar tidak sering menggunakan exfoliating mask secara sering, karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

  1. Sleeping Mask

Sleeping mask memiliki tekstur seperti krim atau gel. Sleeping mask aman jika digunakan setiap malam sebelum tidur. Penggunaan sleeping mask pada dasarnya sama saja dengan menggunakan jenis masker yang lain. Sleeping mask digunakan sebelum tidur dan dibiarkan saja menyerap pada kulit wajah hingga semalaman.

Jadi itu dia beberapa jenis masker dan cara penggunaannya, kalau kamu suka memakai masker wajah jenis apa nih guys? Ohya, untuk penggunaannya, terlebih dahulu kamu harus membaca prosedur yang sudah dijelaskan agar penggunaan masker dapat memberikan hasil yang maksimal, dan tidak menimbulkan efek samping yang tidak kita inginkan.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top