Gelas dan Biji Kopi

Kopi Unik dari Daerah

Holaaa Friends… Kamu suka gak sih sama kopi? Nah, kalau kamu adalah pecinta kopi, biasanya kamu lebih suka mengonsumsi kopi arabika atau kopi robusta nih? Pasti setiap orang memiliki selera masing-masing dalam menikmati cita rasa kopi. Biasanya kopi yang sering kita temukan adalah kopi hitam yang diseduh dengan air panas, lalu disajikan dalam segelas cangkir kecil.

Tau gak sih kalian, kalau di dunia ini adaa beberapa kopi yang terbilang unik, baik dari rasa, warna, dan bentuk penyajiannya. Kira-kira kalau kopinya berbeda dari yang biasanya kamu tertarik gak buat mencobanya?

Ini dia beberapa kopi unik yang ada di dunia:

  1. Kopi Khop

Kopi Khop merupakan kopi asal Aceh yang sangat terkenal. Wisatawan luar yang datang ke Aceh wajib untuk mencoba kopi Khop. Kopi Khop memiliki rasa yang sama seperti kopi Aceh pada umumnya. Namun, kopi Khop memiliki cara penyajian yang unik, sehingga kopi Khop sangat dicari oleh para wisatawan yang berlibur ke Aceh.

Kopi Khop
Kopi Khop

Kopi Khop disajikan dengan gelas kecil, kemudian gelas tersebut diletakkan secara terbalik di atas piring kecil. Untuk cara menikmatinya, kita akan diberikan sebuah pipet. Kemudian pipet tersebut kita dekatkan atau tempelkan antar bibir gelas dan piring kecil tersebut, selanjutnya kita tiup pipet tersebut hingga mengeluarkan cairan kopi dari gelas ke piring, jika cairan kopi sudah keluar ke piring, selanjutnya kopi hanya perlu kita sedot melalui pipet tadi. Memang cara ini akan terasa sulit untuk seseorang yang belum pernah mencobanya, namun jika sudah berhasil melakukannya, maka akan merasakan sensasi yang berbeda dalam menikmati kopi.

  1. Kopi Takar Mandailing

Kopi ini merupakan kopi khas yang berasal dari Sumatera Utara. Kopi Takar Mandailing memiliki keunikan Karen disajikan pada batok kelapa yang berbentuk seperti gelas. Selain itu, Kopi Takar Mandailing juga disajikan dengan kayu manis bulat yang berfungsi sebagai sedotan. Kopi Takar Mandailing diracik dengan menggunakan gula aren, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas, hasil dari perpaduan antara kopi dan gula aren.

  1. Kopi Kawa Daun
Kopi Kawa Daun
Kopi Kawa Daun

Kopi Kawa Daun adalah kopi yang berasal dari Sumatera Barat. Kopi ini termasuk unik karena bukan berasal dari biji kopi, melainkan berasal dari daun kopi, seperti teh yang berasal dari daunnya. Penyajian kopi ini juga bukan disajikan di dalam gelas biasa, namun disajikan di dalam batok kelapa agar aromanya lebih harum dan tetap menjaga cita rasa.

 

 

  1. Kopi Joss

Kopi Joss merupakan kopi yang berasal dari Jogjakarta. Kopi ini sangat unik, karena kita menikmati kopi dengan cara mencelupkan arang panas yang sudah ditepuk-tepuk agar terhilang debunya, kemudian dimasukkan ke dalam kopi. Sebutan nama kopi Joss juga berasal dari suara yang dihasilkan ketika arang panas masuk ke dalam air kopi.

Kopi Joss
Kopi Joss
  1. Kopi Rarobang

Kopi Rarobang adalah kopi yang berasal dari Ambon. Penyajian kopi ini dilengkapi dengan potongan rempah-rempah yang dimasukkan ke dalam rebusan kopi. Rempah-rempah tersebut adalah sereh, kayu manis, jahe, cengkeh, dan gula pasir. Setelah rebusan kopi tersebut matang, kemudian kopi disaring lalu diberikan parutan kacang kenari dan siap disajikan.

  1. Kopi Kasar

Kopi yang satu ini berasal dari Gresik. Biji Kopi Kasar memang tidak dihancurkan sampai halus, namun agak kasar. Sehingga, saat penyajiannya maka bubuk kopi Kasar perlu untuk dikunyah, tidak dapat langsung ditelan.

  1. Kopi Durian

Kopi yang terakhir berasal dari Lampung, kopi ini disajikan dengan cara mencampurkan kopi Robusta Lampung dengan Durian Lampung. Rasa kuat dank has dari durian memberikan cita rasa yang baru pada kopi ini.

Jadi itu dia penjelasan tentang 7 penyajian kopi unik yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Gimana nih guys, kalian tertarik untuk cobain penyajian kopi dari daerah mana?

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top