Ilustrasi Kafein

Manfaat Kafein pada Kopi bagi Tubuh

Siapa disini yang sangat menyukai kopi? Siapa juga disini yang menjadikan kopi sebagai pilihan pertama untuk menghilangkan rasa kantuk, untuk menemukan inspirasi baru, atau hanya sekedar untuk mencari ketenangan setelah lelah menjalani kegiatan sehari-hari.

Kopi memang merupakan primadona bagi sebagian orang, banyak sekali yang menyukai kopi, baik perempuan maupun laki-laki, baik orang tua maupun anak muda, bahkan anak-anak pun juga banyak yang menyukai kopi.

Secangkir Kopi
Secangkir Kopi

Kopi adalah salah satu bahan alami yang mengandung kafein. Efek kafein yang dihasilkan oleh kopi memberikan rangsangan kepada otak untuk lebih fokus dan lebih bersemangat lagi, oleh sebab itu, untuk menghilangkan rasa kantuk biasanya seseorang akan langsung untuk mengonsumsi secangkir kopi agar lebih segar lagi.

Kamu tau gak manfaat lain dari kafein yang terkandung di dalam kopi bagi tubuh kita?

Banyak yang mengetahui bahwa kafein adalah salah satu zat adiktif, dimana biasanya kita juga memahami bahwa zat adiktif adalah sebuah zat yang memberikan efek candu kepada seseorang yang mengonsumsinya.

Setelah kita mengonsumsi kopi, kemudian kandungan zat kafein yang terdapat di dalam kopi akan diserap ke aliran daran, lalu selanjutnya oleh darah akan dibawa ke hati untuk dipecah menjadi senyawa-senyawa kecil yang kemudian disebarkan ke seluruh tubuh untuk membantu berjalannya fungsi organ tubuh.

Nah, berikut di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat kafein bagi tubuh, yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya.

  1. Mengobati Sakit Kepala

Jika kamu sedang mengalami sakit kepala, maka sebaiknya kamu jangan langsung menelan obat pereda sakit kepala, karena kebiasaan mengonsumsi obat-obatan kimia akan memberikan efek tidak baik pada tubuh untuk jangka waktu yang lama.

Untuk mengurangi rasa sakit kepalamu, lebih baik kamu mengonsumsi secangkir kopi hitam. Kafein yang terkandung di dalam kopi mampu memberikan efek menenangkan pada pembuluh darah, sehingga kemudian efek dari kafein tersebut dapat mengurangi dan meredakan sakit kepala.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu penyebab penyakit kanker yaitu kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dalam tubuh kita, maka kita membutuhkan antioksidan. Kafein juga memiliki sifat antioksidan yang dapat berfungsi untuk mencegah resiko terkena penyakit kanker pada tubuh.

Kopi yang mengandung kafein dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker endometrium, kanker kulit, dan kanker hati. Namun, manfaat penurunan resiko kanker tersebut tidak sepenuhnya dari kandungan kafein yang terdapat pada kopi, tetapi juga berasal dari antioksidan dan antiradang alami yang terdapat di dalam kopi.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian menemukan bahwa jika kita rutin mengonsumsi kafein maka dapat menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson, selain itu kafein juga dapat membantu memperlambat proses penurunan fungsi otak karena faktor usia.

  1. Mengontrol Berat Badan

    Timbangan Berat Badan
    Timbangan Berat Badan

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, dapat menekan nafsu makan, sehingga dapat membantu kita untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain itu, kafein juga mampu menstimulasi terjadinya termogenesis, yaitu proses perngubahan makanan menjadi panas dan energi oleh tubuh, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak mengendap menjadi lemak.

Kafein juga dapat membantu meningkatkan performa saat sedang berolahraga, sehingga semakin banyak baik tubuh untuk aktif bergerak, maka semakin banyak kalori yang terbakar.

  1. Anti Diabetes

Kafein yang terdapat di dalam kopi memiliki kandungan asam klorogenat (Chlorogenic acid). Asam klorogenat ini berfungsi untuk penurunan resiko terkena diabetes, namun tetap dalam porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan, jika mengonsumsi sesuatu yang mengandung kafein secara berlebihan, maka akan memberikan efek buruk lainnya.

Jadi itu dia penjelasan tentang 5 manfaat dari kafein yang terkandung di dalam kopi. Tentu saja manfaat ini dapat kamu rasakan jika kamu rutin mengonsumsi kopi tetap dalam porsi yang normal dan sewajarnya.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top