Sikat Gigi

Bagaimana Sejarah Munculnya Sikat Gigi?

Hai teman-teman semua, disini siapa sih yang lebih milih gak mandi daripada gak sika gigi kalau mau pergi ke suatu tempat atau keluar rumah? Nah, kira-kira kalian tim yang mana? Tim gak mandi tapi tetap sikat gigi atau tim mending mandi tapi gak sikat gigi?

Kalau kalian adalah tim yang lebih milih gak mandi tapi tetap harus sikat gigi, berarti kalian sama kayak author nih guys.

Buat kalian tim yang wajib sikat gigi kalau keluar rumah, meskipun kalian gak mandi, berarti kalian adalah orang-orang yang sangat mempedulikan kebersihan mulut dan gigi. Nah, salah satu cara untuk tetap menjaga kebersihan mulut dan gigi, serta kesegarannya yaitu dengan cara menyikat gigi.

Menyikat gigi adalah suatu cara untuk membersihkan gigi dan mulut dengan cara menyikatnya menggunakan sikat khusus untuk gigi. Kemudian untuk menjaga kesehatan dan kesegaran gigi, maka diperlukan pasta gigi yang digunakan untuk membantu memudahkan kita dalam menyikat gigi, sehingga setelah kita menyikat gigi, maka kotoran di dalam mulut dan gigi akan hilang, selanjutnya akan memberikan aroma yang segar pada mulut dan tidak menimbulkan bau mulut yang dapat mengganggu kepercayaan diri kita untuk beraktivitas dan berinteraksi dengan orang lain.

Sebelum ditemukannya sikat gigi yang sangat praktis seperti sekarang, kira-kira orang yang terdahulu bagaimana ya cara mereka untuk membersihkan mulut dan gigi mereka, dan bagaimana sih awalnya sikat gigi ditemukan.

Siwak Gigi
Siwak

Seperti yang kita ketahui bersama, pada umat muslim bahwasanya terdapat suatu sunnah Rasulullah SAW, yaitu membersihkan gigi dan mulut menggunakan siwak. Bahkan sampai sekarang banyak masyarakat yang menggunakan siwak sebagai sunnah Rasul, yaitu membersihkan gigi dan mulut dengan menggunakan kayu siwak, yaitu kayu yang berasal dari tanaman Salvadora Persica, beberapa orang menyebutnya dengan miswak.

Salvadora Persica sering disebut dengan pohon sikat gigi, sudah banyak dilakukan tes laboratorium yang menunjukkan bahwa batang dan daun tanaman ini memberikan perlindungan pada gigi.

Jadi, kebiasaan manusia untuk membersihkan gigi dan mulut sudah mulai ada sejak 3.500 tahun yang lalu. Pada saat itu, bangsa Babilonia dan Mesir sudah menjadikan kebiasaan membersihkan gigi dengan menggunakan ranting kayu yang dipercaya mengandung antiseptik dan pembunuh kuman.

Penggunaannya yaitu dengan cara menggigit ujung kayu tersebut sehingga semakin lama ujung kayu tersebut menjadi serat yang dapat digosok ke gigi kita. Ranting kayu yang digunakan untuk sikat gigi pada masa itu sering disebut “tongkat kunyah”.

Kemudian pada abad ke-15, yaitu pada tahun 1498, orang Tiongkok menciptakan sikat gigi dari bulu binatang yang kemudian dipasangkan di ujung stik bambu, kemudian sikat gigi bambu ini disebarkan dan diperkenalkan di Eropa.

Sikat Gigi Jaman
Sikat Gigi Jaman Dahulu

Sebelum masuknya sikat gigi stik bamboo dari Tiongkok ke Eropa, masyarakat Eropa khususnya orang Yunani sudah memiliki kebiasaan tersendiri untuk membersihkan gigi dan mulut, yaitu dengan menggunakan kain atau spon yang sudah dicelupkan ke dalam air garam yang dicampur dengan jelaga. Terkadang kain dan spon tersebut dipasangkan pada sebuah stik agar dapat menjangkau untuk menggosok gigi bagian belakang.

Selanjutnya pada tahun 1780, William Addis yang berasal dari Inggris menciptakan sikat gigi yang berasal dari tulang dan bulu hewan, sehingga disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat. Oleh sebab itu, Addis mulai memproduksi sikat gigi dengan banyak untuk dijual ke masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu, Addis mulai kesulitan untuk mendapatkan tulang, sehingga Addis menggantikan tulang dengan bahan plastik, disinilah awal mula adanya sikat gigi yang sering kita temukan saat ini.

Pada tahun 1937, Wallece H. Carohers, mulai menciptakan bulu sikat dari bahan nilon di laboratorium Du Pont.

Gabungan antara bulu sikat dari nilon dengan gagang plastik ini merupakan awal terciptanya sikat gigi yang sering kita gunakan saat ini. Sikat gigi saat ini pun sudah sangat banyak memiliki variasi, mulai dari model dan bentuk, serta kegunaannya. Bahkan sekarang sudah ada sikat gigi elektrik yang dapat berfungsi secara otomatis untuk menggosok gigi dengan menggunakan mesin.

Jadi itu dia guys, cerita sejarah awalnya ditemukan sikat gigi dari yang dulunya berasal dari bahan alam, hingga kini menggunakan bahan sintetis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top