Cairan Serum

Bagaimana Memilih Serum Wajah yang Sesuai dengan Jenis Kulit?

Hai teman-teman, pasti kalian pada gak asing kalau dengar kata serum kan? Ya, serum adalah salah satu produk perawatan kulit yang saat ini sedang heboh di masyarakat, banyak masyarakat yang mulai menggunakan serum sebagai rangkaian perawatan kulit mereka, kira-kira serum itu apa sih? Serum adalah salah satu produk perawatan wajah yang memiliki tekstur ringan dan mudah menyerap ke dalam lapisan kulit wajah dengan cepat. Selain itu, kandungan yang terdapat di dalam serum adalah formula dari beberapa bahan yang memiliki konsentrasi kecil, sehingga cepat menyerap ke dalam lapisan kulit wajah. Maka tak jarang jika serum memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan krim biasa.

Serum Wajah
Serum Wajah

Saat ini produk kecantikan dan perawatan wajah berlomba-lomba melakukan inovasi untuk menciptakan serum pada produk mereka. Adapun serum yang diciptakan sesuai dengan kegunaan dan manfaat di kulit wajah. Nah, beberapa kegunaan serum tersebut yaitu menghilangkan jerawat, menghilangkan noda bekas jerawat, menghilangkan noda atau bintik hitam, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit wajah, mengencangkan kulit wajah, meregenerasi sel kulit wajah yang baru. Jadi, dari beberapa kegunaan dan manfaat serum tersebut kita bisa menyesuaikan serum yang akan kita gunakan sesuai dengan jenis kulit atau permasalahan yang ada pada kulit kita masing-masing.

Untuk memudahkan pemilihan serum yang sesuai dengan jenis kulit wajah maka berikut penjelasannya:

  1. Serum untuk jenis kulit berjerawat

Serum yang dapat digunakan untuk jenis kulit berjerawat adalah serum yang memiliki kandungan asam salisilat karena asam salisilat berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat seperti bengkak atau kemerahan, serta membersihkan pori-pori yang tersumbat. Selain itu, kandungan serum untuk kulit berjerawat yaitu hyaluronic acid yang berfungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit dan juga membantu penyembuhan peradangan pada kulit termasuk bekas jerawat. Kandungan lain yang diperlukan dalam serum untuk kulit berjerawat yaitu vitamin C, adapun kegunaan vitamin C untuk kulit berjerawat yaitu mampu mengeringkan jerawat dan mampu menghilangkan noda bekas jerawat.

  1. Serum untuk jenis kulit kering

Serum yang sesuai dengan kulit kering yaitu serum yang juga memiliki kandungan hyaluronic acid karena kandungan hyaluronic acid dapat melembabkan kulit wajah dan juga menghilangkan garis-garis di wajah karena terlalu kering dan juga kerutan. Kandungan selanjutnya yang perlu ditemukan pada serum untuk kulit kering yaitu kandungan gliserin. Gliserin berfungsi untuk melembabkan kulit kering, karena kandungannya dapat menyerap air di udara sehingga dapat mengurangi kekeringan pada kulit wajah. Vitamin C juga bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah dan membantu mencerahkan kulit wajah.

Selanjutnya kandungan vitamin E juga diperlukan untuk memilih serum yang cocok bagi seseorang yang memiliki jenis kulit kering. Vitamin E memiliki manfaat untuk mengembalikan kulit yang dehidrasi agar terasa lembab. Hal yang paling terpenting adalah hindari serum yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya, karena kandungan alkohol dapat menyerap kandungan minyak alami yang terdapat pada kulit wajah kita dan juga kandungan alkohol dapat mengakibatkan kulit kering menjadi kemerahan.

  1. Serum untuk jenis kulit kombinasi
Jenis Kulit Kombinasi
Jenis Kulit Kombinasi

Hampir sama dengan kandungan serum yang sesuai untuk kulit berjerawat dan kulit kering, kandungan yang bagus untuk kulit kombinasi adalah hyaluronic acid karena dapat meningkatkan kelembapan pada kulit wajah dan mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit wajah. Kandungan selanjutnya yang juga penting pada serum untuk kulit kombinasi yaitu vitamin C karena vitamin C dapat menyerap kandungan minyak berlebih pada wajah. Kandungan terakhir yang bagus untuk kulit kombinasi yaitu kolagen, karena kolagen dapat menjaga kadar air pada wajah agar tetap stabil.

Nah, itu dia penjelasan tentang serum dan bagaimana cara mengetahui kandungan pada serum yang baik dan yang cocok untuk jenis kulit berjerawat, kering, dan kombinasi. Jadi, sebelum kita memutuskan untuk membeli serum dari suatu produk tertentu ada baiknya kita mengetahui jenis kulit kita terlebih dahulu, kemudian membaca komposisi apa yang terdapat pada produk tersebut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top