Sunscreen Wajah

Lindungi Kulit Wajah dengan Menggunakan Sunscreen

Halo semuanyaaa, siapa nih yang masih jarang menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas? Wah bahaya banget tuh, sekarang sudah bisa dihilangin ya kebiasaan buruknya itu, katanya mau glowing, tapi merawat kulit aja masih malas-malasan, gimana donk tuh?

Sunscreen adalah salah satu rangkaian skincare yang paling penting karena berfungsi melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari. Jika dibandingkan dengan rangkaian skincare yang lain, sunscreen merupakan hal yang utama, karena sunscreen adalah hal yang paling dasar dalam merawat kulit.

Sunscreen Wajah
Sunscreen Wajah

Jika kita tidak menggunakan sunscreen, maka kulit wajah kita akan terkena efek buruk dari sinar matahari, yang paling sering terjadi, yaitu warna kulit yang tidak merata atau belang, terutama untuk orang yang menggunakan hijab, akan sangat terlihat belang antara bagian wajah terdepan dengan bagian wajah yang masih tertutupi dengan hijab.

Selain itu, untuk jangka waktu yang panjang, sinar matahari dapat memberikan efek wajah yang kusam, garis-garis halus, kerutan, kemudian akan timbul bintik-bintik atau noda hitam pada bagian wajah tertentu, dan tanda penuaan dini pada kulit. Oleh sebab itu, sunscreen merupakan salah satu rangkaian skincare yang harus kita gunakan sebelum untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.

Sunscreen sangat penting untuk selalu kita gunakan, jika kita menggunakan krim atau moisturizer yang mahal dan bagus juga tetap tidak membantu untuk merawat kulit wajah dari sinar matahari, apabila kita tidak menggunakan sunscreen.

Sebelum menggunakan sunscreen, maka kita harus memperhatikan kandungan yang tertera pada kemasan sunscreen terlebih dahulu, seperti PA­ dan juga SPF. Lantas, apa perbedaan antara PA dan SPF. PA memiliki kepanjangan yaitu Protection Guide of UVA yang berarti tingkat perlindungan terhadap sinar ultraviolet A. SPF memiliki kepanjangan Sun Protection Factor yang merupakan tingkat perlindungan terhadap sinar ultraviolet B.

Sunscreen Wajah
Kulit Wajah yang Menggunakan Sunscreen

Sering kita temukan tulisan SPF yang tertera pada kemasan produk sunscreen, kira-kira maksud SPF tersebut apa sih? Jadi angka SPF tersebut menjelaskan bahwa tingkatan perlindungan yang diberikan kepada kulit. SPF 15 menyaring sebanyak 93% paparan sinar UVB, SPF 30 menghalangi paparan sinar UVB sebanyak 97%, sedangkan SPF 50 berfungsi untuk menghalangi paparan sinar UVB sebanyak 98%. Untuk angka SPF yang lebih tinggi dari 50 tidak terlalu efektif, karena tidak ada SPF yang bisa melindungi dari paparan sinar UVB hingga 100%. Untuk Indonesia dengan kawasan yang tropism aka disarankan menggunakan sunscreen minimal memiliki SPF 30.

Sedangkan PA memiliki tanda + (plus) yang memiliki makna bahwa semakin banyak tanda plusnya maka semakin bagus perlindungan sunscreen tersebut terhadap sinar UVA. PA+ adalah perlindungan yang paling rendah, hingga PA++++ yang memiliki perlindungan sinar UVA paling tinggi.

Untuk penggunaannya sendiri, kita dapat menggunakan sunscreen setelah penggunaan moisturizer, baru kemudian dilanjutkan dengan rangkaian make up yang lain. Penggunaan sunscreen bisa dilakukan berulang kali, jika kita rasa aktivitas kita lebih banyak terjadi di luar ruangan.

Adapun beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih sunscreen yang cocok untuk jenis kulit kamu, yaitu:

  1. Pilihlah sunscreen yang memiliki label board spectrum

Dengan label board spectrum maka produk sunscreen kamu dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB, jika tidak ada label ini maka sunscreen yang kamu pilih hanya melindungi kulitmu dari panasnya matahari. Perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB dapat mencegah terjadinya kanker kulit.

  1. Pilihlah sunscreen dengan tingkat SPF minimal 30

Untuk wilayah Indonesia yang tropis, maka sangat disarankan untuk memilih sunscreen dengan tingkat SPF paling rendah yaitu 30. Jika menggunakan sunscreen yang lebih rendah dari 30, maka disarankan untuk mengaplikasikannya secara berulang untuk beberapa waktu.

  1. Perhatikan bahan yang terkandung dalam sunscreen

Sebelum membeli sunscreen sangat disarankan agar kamu membaca terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalam sunscreen tersebut, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dan alergi terhadap suatu kandungan tertentu.

  1. Pilih sunscreen yang berbahan dasar air untuk kulit berminyak

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, maka lebih disarankan untuk menggunakan sunscreen berbahan dasar air, agar dapat mengontrol kandungan minyak berlebih pada wajahmu.

  1. Pilih sunscreen berbahan dasar minyak untuk kulit kering

Jika jenis kulitmu kering, maka pilihlah sunscreen yang berbahan dasar minyak, agar dapat melembabkan kulit wajahmu.

Nah guys, itu dia penjelasan tentang sunscreen, jadi sekarang kalau mau beraktivitas jangan lupa pakai sunscreen ya guys agar kulit kamu terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top