Batu Tawas

Tawas Bahan Penghilang Bau Ketiak dari Jaman Dulu

Menjaga kebersihan tubuh merupakan hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk mencintai diri sendiri. Selain itu, menjaga kebersihan tubuh juga merupakan bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri serta meningkatkan rasa kepercayaan diri dan kenyamanan orang lain terhadap diri kita.

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan dalam hal merawat dan menjaga kebersihan diri yaitu tentang bau badan, bagaimana cara agar menjaga tubuh untuk tetap harum atau setidaknya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengganggu kenyamanan orang lain terhadap diri kita.

Bau Ketiak
Bau Badan

Penyebab timbulnya bau badan yang sangat sering terjadi dan menimbulkan aroma yang sangat khas pada tubuh kita yaitu bau keringat dan juga bau ketiak. Bau keringat dan bau ketiak sangat khas dan kuat sekali, sehingga apabila kita merasa diri kita memiliki bau khas tersebut maka kita harus segera mencari tahu bagaimana cara untuk menghilangkan atau sekedar mengurangi baunya.

Dengan bau keringat dan bau ketiak yang sangat khas, maka akan mengganggu kenyamanan orang lain saat bersama dengan kita, selain itu juga akan mengganggu tingkat kefokusan orang lain.

Salah satu penyebab mengapa ketiak memiliki bau adalah karena kulit ketiak merupakan area kulit yang memiliki banyak kelipatan dan juga kondisinya tertutup, sehingga akan mudah muncul bakteri dan keringat yang menyebabkan bau.

Nah, salah satu cara untuk mengurangi bau ketiak adalah dengan rutin membersihkan bulu ketiak, karena bulu ketiak tersebut memiliki kelenjar aprokin yang sering menimbulkan bau, kelenjar aprokin adalah salah satu pembagian dari kelenjar keringat. Jadi, untuk menghambat agar bakteri penyebab bau tidak berkembang dengan cepat, maka kita harus rajin dan rutin membersihkan bulu pada ketiak kita.

Saat ini banyak sekali kita temukan produk deodorant yang berfungsi untuk menghilangkan bau pada ketiak, bahkan dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, produk deodorant tersebut semakin memiliki klaim yang banyak dan lebih berinovasi lagi, contohnya dapat mencerahkan warna kulit ketiak, melembutkan kulit ketiak, dan beberapa klaim yang lainnya.

Kira-kira pada masa orang tua kita dulu, saat belum banyak kita temukan deodorant seperti sekarang ini, orang-orang menggunakan apa ya untuk menghilangkan bau pada ketiaknya?

Jadi, sebelum masa deodorant sangat banyak tersebar dimana-mana dan variannya pun juga bermacam-macam, orang-orang terdahulu menggunakan tawas pada ketiaknya untuk menghilangkan bau ketiak. Namun, dengan menggunakan tawas ketiak kita tidak akan terasa wangi, karena tawas tidak memiliki aroma apapun sehingga hanya membantu untuk menetralkan bau ketiak saja.

Tawas merupakan garam mineral alami yang bernama potassium alum, tawas memiliki beberapa jenis yaitu tawas kalium, tawas soda, tawas ammonium, dan tawas aluminium, jenis tawas yang paling sering digunakan yaitu tawas kalium. Tawas memiliki efek antimikroba sehingga telah digunakan sebagai deodorant di beberapa negara di Asia Tenggara selama beberapa tahun.

Selain berfungsi untuk menghilangkan bau ketiak, tawas juga dapat membantu mencerahkan kulit ketiak, karena tawas memiliki sifat anti bakteri yang mengumpulkan kotoran-kotoran pada ketiak sehingga warna kulit ketiak akan terlihat lebih cerah.

Namun, karena tawas hanya memiliki sifat anti bakteri, tawas tidak dapat mencegah atau menghentikan produksi keringat pada ketiak, tidak seperti deodorant sekarang yang dapat mengeringkan ketiak kita, jadi dengan menggunakan tawas maka ketiak kita tetap akan basah oleh keringat.

Tawas yang digunakan oleh masyarakat ada yang masih berbentuk seperti awal, yang berbentuk kristal keras, untuk penggunaannya biasa dilarutkan dengan air hangat terlebih dahulu baru kemudian dioleskan ke kulit ketiak. Namun untuk lebih praktis sudah ada produk kemasan bedak tawas yang dijual di pasaran.

Bedak Tawas
Bedak Tawas

Bedak tawas yang dijual di pasaran tersebut memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan deodorant, yaitu bedak tawas tidak mengandung bahan kimia lainnya, sehingga aman untuk kesehatan kulit ketiak. Bedak tawas juga tidak mengandung alkohol sehingga tidak membuat kulit ketiak menjadi gelap atau berwarna hitam. Karena bedak tawas tidak memiliki kandungan yang komplit dan bahannya sederhana, maka harganya lebih murah jika dibandingkan dengan deodorant lain.

 

 

Jadi teman-teman itu dia penjelasan tentang tawas, salah satu alternative untuk menghilangkan bau pada keringat yang sudah digunakan sejak orang kita dahulu, kira-kira kamu lebih milih pake tawas atau menggunakan deodorant seperti yang sekarang sering kita temukan dimana-mana?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top