Gigi

Sebenarnya Apa Sih Tren Veneer Gigi?

Hal yang sangat berpengaruh dalam penampilan seseorang yaitu kondisi fisiknya, termasuk penampilan gigi yang rapi dan wangi, tidak memiliki bau mulut. Untuk penampilan gigi sendiri, seseorang banyak melakukan beberapa cara agar giginya kelihatan rapi. Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang juga perlu diperhatikan kondisinya agar membuat penampilan kita menjadi bagus.

Mengapa gigi?

Karena gigi merupakan salah satu anggota pada wajah yang terlihat dan diperhatikan oleh orang lain, apabila kita tersenyum bahagia maka akan kelihatan bentuk gigi kita. Oleh sebab itu, bagi sebagian orang, mereka rela untuk merapikan, membersihkan, dan merawat gigi mereka agar terlihat lebih bagus, rapi dan menarik, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan orang tersebut.

Terlebih lagi untuk artis, public figure, dan influencer banyak sekali mereka yang merawat gigi mereka dengan mengeluarkan uang yang terbilang lumayan besar. Bagi mereka mengeluarkan uang sebanyak itu untuk memperindah tampilan gigi mereka adalah sebuah investasi, karena mereka merupakan public figure yang selalu diperhatikan oleh orang banyak, maka masyarakat secara tidak langsung menuntut mereka untuk terlihat sempurna dalam segala aspek.

Ada beberapa hal yang biasa dilakukan oleh public figure untuk merapikan, memperindah, dan merawat gigi mereka, yaitu seperti menggunakan kawat gigi agar merapikan bentuk dan struktur gigi, dan kemudian veneer.

Apa sebenarnya pengertian veneer tersebut?

Veneer Gigi
Veneer Gigi

Maka pada tulisan ini akan dibahas tentang veneer gigi yang sedang marak dilakukan oleh para artis.

Jadi, sebagian orang beranggapan bahwa veneer gigi merupakan perawatan gigi yang hanya memberikan warna putih bersih pada gigi, padahal sebenarnya veneer lebih dari itu, veneer adalah beberapa rangkaian yang berfungsi untuk memberikan keindahan pada bentuk dan tampilan gigi.

Veneer adalah suatu tindakan untuk melakukan pemasangan lapisan buatan di atas permukaan gigi yang berfungsi untuk mengubah warna, bentuk, panjang, atau lebar gigi, serta posisi gigi agar terlihat lebih rapi dan indah. Bahan yang digunakan untuk melakukan veneer berbagai macam, namun untuk di Indonesia lebih banyak menggunakan porselen dan komposit resin.

Pada awalnya veneer hanya dilakukan kepada pasien yang memiliki permasalahan pada gigi yang berfungsi sebagai pengobatan, namun saat ini fungsi veneer gigi sudah mulai berubah dengan tujuan untuk memperindah tampilan gigi agar lebih nyaman dilihat oleh orang lain dan meningkat kepercayaan diri.

Disadari atau tidak tampilan dan bentuk gigi mempengaruhi penampilan seseorang, apabila kita memiliki gigi yang berlapis dan tidak rapi maka akan merubah bentuk atau struktur wajah kita setelah kita merapikan gigi.

Contohnya seperti bentuk wajah kelihatan lebih tirus, hal itu bukan karena disebabkan oleh operasi rahang, namun disebabkan karena susunan veneer gigi yang sudah rapi dibentuk sehingga membuat wajah pasien terlihat lebih tirus.

Gigi Rusak
Gigi Rusak

Nah, ada beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab untuk melakukan veneer pada gigi, yaitu:

  1. Gigi yang kekuningan atau berubah warma menjadi kecoklatan yang mungkin disebabkan karena sering mengonsumsi kopi atau rokok.
  2. Gigi yang patah.
  3. Bentuk gigi yang tidak teratur, tetapi masih bisa dirapikan.
  4. Gigi yang renggang.
  5. Kerusakan gigi.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang sangat tidak disarankan untuk melalukan veneer gigi, karena apabila tetap dilakukan, maka hanya akan menimbulkan kerusakan baru. Adapun kondisi gigi yang tidak boleh untuk dilakukan veneer yaitu pada kondisi gigi berlubang, penyakit gusi, atau prosedur pada akar gigi.

Pada saat ini, veneer gigi yang sedang tren dilakukan oleh kalangan public figure, baik artis maupun influencer adalah memutihkan gigi dan juga tren gigi kelinci. Untuk tren memutihkan gigi, banyak public figure yang sudah melakukannya, biaya yang dikeluarkan untuk memutihkan gigi juga beragam, ada artis yang mengeluarkan biaya sebesar 10 juta rupiah untuk memutihkan satu gigi saja.

Tren selanjutnya yang saat ini sedang banyak dilakukan oleh orang-orang yaitu tren gigi kelinci. Kalangan public figure juga banyak yang menambahkan veneer pada gigi depan mereka, sehingga ukuran gigi terlihat lebih panjang dibandingkan dengan ukuran gigi yang lainnya.

Penambahan veneer pada dua gigi depan ini akan memberikan kesan gigi kelinci, yaitu gigi depan lebih panjang dibandingkan gigi yang lainnya. Mengapa gigi kelinci diminati oleh beberapa orang karena dapat merubah penampilan wajah seseorang, orang tersebut akan terlihat lebih muda dan lebih imut.

Nah guys, itu dia penjelasan tentang veneer, kira-kira kalian tertarik gak untuk melakukan veneer gigi?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top